Friday, November 15, 2013

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website atau Toko Online

Online shop
Semakin murah, mudah dan cepatnya akses internet saat ini menjadikan bisnis-bisnis via online semakin diminati banyak pelaku bisnis bahkan juga yang baru terjun di dunia bisnis. Sejalan dengan hal tersebut, banyak bermunculan penyedia jasa pembuatan website atau toko online. Dan setidaknya sekitar setahun belakangan ini, harga jasa pembuatan website atau toko online semakin terjangkau, tak perlu lagi mengeluarkan uang berjuta-juta. Berbagai paket, fasilitas, fitur ditawarkan sesuai dengan budget dan kebutuhan calon pemilik website atau toko online. Setiap paket yang ditawarkan secara system tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan, jangan hanya terpaku kepada design nya saja atau harga yang murah.
Bagi yang ingin menggunakan jasa ini untuk membuat website pribadi / blog atau sekedar portofolio perusahaan mungkin tidak terlalu banyak pertimbangan untuk memilih fasilitas atau fitur-fitur yang ditawarkan, kecuali mengenai design template, cara input informasi, pengelolaan email atau besarnya hosting yang diperlukan. Namun bagi yang ingin menjadikannya sebagai pintu bisnis, tentunya banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Berikut ini mungkin bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih penyedia jasa pembuatan  toko online:
1. Pahami alur bisnis anda.
Bagi pebisnis pemula yang akan terjun dalam dunia bisnis melalui dunia maya, sangat penting untuk memahami dan menguasai terlebih dahulu bagaimana alur bisnisnya berjalan. Karena hal ini bisa berpengaruh dengan pilihan berbagai fasilitas atau fitur yang ditawarkan oleh penyedia jasa pembuatan website atau toko online. Sebaiknya jangan langsung membeli paket dan anda ingin belajar sambil berjalan. Cobalah “website demo” yang biasa diberikan oleh si penyedia jasa, apakah sudah sesuai dengan alur bisnis anda. Misalnya pemisahan system antara “jual grosir” atau “jual ecer”, Perlakuan diskon untuk produk, cara berbelanja, perhitungan pajak, terintegrasi dengan kalkulasi pengiriman dan lain-lain. Memahami alur bisnis sendiri juga penting bagi yang ingin memanfaatkan jasa dengan memesan paket custom, kejelasan alur bisnis yang anda informasikan kepada si penyedia akan mempermudah dan mempercepat proses pembuatan toko online anda.

2. Jumlah dan jenis produk yang akan anda jual.
Biasanya semakin murah harga jasa pembuatan toko online dipengaruhi oleh hosting yang kecil kapasitasnya atau fitur dan fasilitasnya yang sederhana. Perhatikan secara detail penawaran yang diberikan. Hosting yang kecil menyebabkan keterbatasan dalam penyimpanan file, misalnya file gambar, file video, file suara dll. Pertimbangkan dan konsultasikan terlebih dahulu kepada si penyedia jasa mengenai kebutuhan file-file yang nantinya akan diunggah ke dalam server, apakah bisa diaplikasikan ke dalam paket yang mereka tawarkan. Sesuaikan juga dengan fitur-fitur yang disediakan apakah cocok dengan produk yang anda jual.

 3. Proses Input produk
Proses input produk tidak hanya berkaitan dengan mudahnya menginput ke dalam toko online anda, karena proses ini rata-rata sama mudahnya, tapi yang tak kalah penting adalah efektifitasnya. Rata-rata untuk proses input produk tidak termasuk dalam penawaran paket. Bayangkan jika produk anda berjumlah ratusan bahkan ribuan, anda akan memasukkan data-data satu persatu, mulai dari nama produk, kategorinya, gambarnya, deskripsinya, beratnya, dimensinya, jumlah stock dan lain-lain.  Tanyakan secara jelas kepada si penyedia jasa mengenai fitur proses input produk ini, apakah bisa diintegrasikan dengan excel misalnya atau dengan program lainnya yang intinya tidak harus upload secara satu per satu di sistem websitenya, jadi anda tidak perlu kerja berkali kali, cukup input disatu file, misalnya file excel, dan tinggal diupload ke website. Namun jika produk anda sedikit dan tidak memerlukan banyak informasi yang diupload tidak apa-apa memilih fitur yang sederhana saja.

4. SEO Friendly
Salah satu kunci sukses berbisnis online adalah SEO (Search Engine Optimation), bagi yang belum mengetahui tentang ini bisa ditanyakan ke om google bagaimana SEO bekerja dalam dunia online. Intinya hal ini berkaitan promosi ke dunia maya, menangkap orang-orang untuk berkunjung ke toko online kita. Tanyakan kepada si penyedia jasa pembuatan toko online mengenai fitur ini, apakah sudah terintegrasi dengan template, atau jika tidak ada tanyakan bagaimana cara mengoptimalisasi SEO ke dalam paket template yang ditawarkannya. Jangan tergiur dengan design template yang “wah”, misalnya yang berbasis animasi seperti Flash, karena kebanyakan kurang SEO Friendly, kecuali sudah dijamin oleh si penyedia.

5. Profesionalitas si Penyedia jasa
Harapan anda memulai bisnis toko online tentunya tidak untuk sementara waktu, namun untuk selama-lamanya. Oleh karena itu pastikan data anda terjaga secara aman, after sales yang mudah. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai si penyedia jasa, misalnya After sales, bagaimana responnya jika ada trouble, kemudian lihat portofolionya, kunjungi website-website yang telah dibuat, cobalah berkomunikasi dengan Customer care nya. Banyak penyedia jasa yang sudah professional dan concern di bisnis ini jadi baik dalam melayani customer nya, namun banyak juga yang istilahnya masih “ecek-ecek”, masih mencoba berbisnis menjadi penyedia jasa dibidang ini, biasanya dia menawarkan paket-paket yang sangat murah, tetapi lemah di after salesnya.

6. Lokasi Server
Lokasi server berpengaruh kepada kecepatan untuk mengakses toko online anda. Tanyakan kepada si penyedia dimana lokasi servernya. Pilihlah hosting yang servernya terdekat, misalnya di Indonesia.

7. Akses Domain dan Hosting
Domain adalah nama website anda, seperti .com, .net, .co.id, .or.id. Sedangkan hosting adalah rumah tempat penyimpanan segala file-file yang membangun website anda. Mintalah password untuk mengakses sistemnya, umumnya disebut C-Panel. Hal ini untuk berjaga-jaga jika si penyedia sudah tutup bisnisnya atau tidak bisa dihubungi lagi. Anda bisa mengalihkan perawatan sistemnya kepada penyedia lain dengan memberikan username dan passwordnya.

Demikian sedikit informasi mengenai tips memilih jasa pembuatan website atau toko online. Bagi rekan-rekan yang ingin sharing mengenai pengalaman menggunakan jasa ini, bisa berkomentar dibawah :D

Selamat berbisnis Online...!




No comments:

Post a Comment